LAZADA

IBN

Semut dan Keistimewaannya

Dari sekian banyak hewan binatang di dunia ini, semut (Al-Naml) adalah salah satu hewan yang namanya dijadikan nama surat dalam Al-Qur'an. Pertanyaannya kenapa harus semut ? ada apa dengan semut ? apa keistimewaannya. berikut ini saya akan menjabarkan kepada sahabat semua seberapa istimewanya semut tersebut.

Menurut majalah Reader Diggest yang terbit pada akhir tahun 1970-an pernah menguraikan panjang lebar keistimewaan semut  dibandingkan dengan hewan hewan lainnya.


Pertama, Komunitas semut mempunyai sistem atau struktur kemasyarakatan lengkap  dengan

pembagian tugasnya.

Kedua, Masyarakat semut mengenal sistem peperangan kolektif. Artinya, kelompok semut tertentu yang dipimpin seekor ratu semut dapat berperang dengan komunitas semut yang dipimpin oleh ratu lainnya.

Ketiga, Semut mengenal sistem perbudakan. Telur sebagai harta benda utama dari pihak semut yang kalah perang akan dikuasai dan diangkut oleh pihak semut pemenang. Telur telur ini akan dijaga sampai menetas dan bayi semut ini akan dijadikan budak-budak mereka yang menang (ckckck...ternyata kehidupan semut keras juga yah)


Keempat, Semut mengenal sistem peternakan. Pada daun pohon jambu, mangga, rambutan, atau lainnya kadang terdapat jamur putih lembut. Di sana ada hewan kecil berwarna putih yang menghasilkan cairan manis. Semut tahu, hewan ini malas berpindah karena itu semut membantu memindahkannya ke tempat baru jika lahan di sekitar itu telah mulai tandus dan setelah semut memerah cairannya setiap periode waktu tertentu. Sampai saat ini belum diketahui hewan yang mengenal sistem perbudakan dan peternakan (Subhanallah, sungguh luar biasa)

Kelima, Semut mengenal sistem navigasi dengan baik.

Ini hanyalah beberapa keistimewaan semut yang telah diketahui oleh manusia. sungguh tentunya masih banyak keistimewaan keistimewaan semut maupun hewan lain yang masih harus dipelajari umat manusia. 

IBN

Comment